Wajib Dicoba, Paket Wisata Ekonomis Kulon Progo

Kulon Progo

Kulon Progo termasuk daerah favorit wisata di Yogyakarta. Kota ini menyuguhkan berbagai lokasi wisata dengan keunggulannya masing-masing. Ada wisata pantai, wisata air terjun, wisata perkebunan teh, wisata hutan kota, wisata goa, wisata sejarah, serta wisata budaya. Jika akan berkunjung, pastikan Anda memilih paket wisata ekonomis Kulon Progo. 

Dengan paket wisata, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata dalam satu rangkaian tur dan dikemas dalam satu harga. Adapun tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kulon Progo antara lain:

1. Curug Sidoharjo
Curug Sidoharjo merupakan wisata air terjun yang terletak di Kecamatan Samigaluh. Air terjun ini bisa dikatakan masih perawan karena kondisi lingkungannya yang memang masih sangat alami, belum banyak mengalami perubahan. Lokasi air terjun ini tersembunyi di pedalaman hutan dan akses jalannya tergolong sulit. Jumlah wisatawan yang berkunjung masih terbatas sehingga kondisi alamnya tetap lestari.

Tinggi air terjun Sidoharjo mencapai 75 meter dengan kemiringan nyaris 90 derajat. Air yang turun jernih dan dingin. Di sekitarnya banyak tumbuh bunga liar yang menjadi hiasan alami nan cantik. Kondisi kawasan yang lebat oleh pepohonan memberikan kesa sejuk dan segar. Sejumlah satwa liar masih bisa ditemukan di sini, salah satunya adalah kera ekor panjang.

Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus rela berjalan mendaki menelusuri hutan dan sawah. Jalan setapak menuju lokasi curam, licin, dan banyak bebatuan. Diperlukan fisik yang kuat untuk bisa mencapai lokasi Curug Sidoharjo. Namun jerih payah tersebut terbayar lunas ketika sampai di lokasi. Pemandangannya indah, udaranya segar, dan airnya menyejukkan tubuh.

2. Goa Kiskendo
Goa Kiskendo terletak di Kecamatan Girimulyo, tepatnya di Desa Jatimulyo. Pada dinding goa terdapat relief yang menceritakan pertempuran Maesosuro-Lemusuro dengan Sugriwo-Subali. Penduduk setempat meyakini bahwa goa ini menjadi saksi bisu terjadinya pertempuran tersebut.

3. Hutan Wisata Kalibiru
Hutan wisata Kalibiru terletak di perbukitan Menreh. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan liburan suasana hutan, namun batas keamanannya tetap terjaga. Menyusuri hutan ini sangatlah menyenangkan, apalagi dilakukan bersama orang-orang terdekat. Fisik jadi terlatih dan pikiran jadi segar karena asupan oksigen di kawasan ini. 
Dari ketinggian bukit Kalibiru, Anda bisa melihat Waduk Semo. Pemandangan hutan wisata Kalibiru didominasi oleh pepohonan yang lebat dan perbukitan yang terhampar luas dan megah layaknya karya seni alam bernilai tinggi.

4. Kebun Teh Nglinggo
Sebagian dataran Kulon Progo tergolong tinggi sehingga cocok untuk perkebunan teh. Misalnya kebun teh Nglinggo di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Dinamai kebun teh Nglinggo karena perkebunan ini berada di Dusun Nglinggo. 

Saat berkunjung ke sini, Anda akan mendpatkan hamparan kebun teh yang begitu luas, seluas mata memandang. Dari kejauhan, kebun teh ini tampak seperti permadani hijau yang dihamparkan di atas bukit. Pemandangannya sangat indah, apalgi di pagi hari ketika cuaca cerah. Dominasi warna hijau dari kebun teh berpadu dengan langit biru yang jernih dan serpihan awan putih yang menggantung. 

Berwisata di Kulon Progo sangatlah menarik. Selama berkunjung ke tempat wisata, Anda bisa berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah dan sangat menjunjung tinggi budaya Jawa. Dan dengan memilih paket wisata ekonomis, akomodasi Anda selama liburan terjamin tanpa perlu khawatir akan kehabisan bekal di perjalanan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)