Trik Jitu untuk berinvestasi

Sebelum saya menulis lebih jauh tentang trik jitu berinvestasi, apa kamu sudah tahu apa itu investasi? 

Trik Jitu Berinvestasi


Jika sudah mari lanjut membaca. 
Investasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dimasa depan. Bisa juga sebagai Dana pensiun bagi Anda yang sudah memikirkannya dari sekarang. Kalau saya sih sudah, berpikir panjang saja terlebih dahulu. Nggak mau kan hidup susah diwaktu tua? Selain itu, investasi juga sebagai sumber dana dari sesuatu yang sudah Anda inginkan seperti membeli rumah, mobil mewah, biaya pendidikan anak dan lain-lain. 

Nah ..
Biasanya banyak alasan untuk memulai berinvestasi.  Ada yang bilang ‘nanti saya akan memulai’, ‘aduh, jangankan buat investasi, buat hidup aja susah.’ Atau yang paling sederhana jawabannya ‘buat apa investasi kalau ada tabungan’. Tapi tahukan kamu bahwa tabungan aja nggak cukup buat biaya di masa tua, atau hanya untuk pendidikan anak? 
Dengan tabungan, kamu hanya mendapatkan keuntungan 2% pertahun dari dana yang kamu tabung. Tapi dengan investasi kamu bisa mendapatkan keuntungan hampir 100% . Dan keuntungan itu tergantung dengan bagaimana kamu mengatur investasi tersebut. 
Jadi, biar investasi yang kamu lakukan berhasil dan mendapatkan keuntungan. Kita cari tahu triknya yuks!

1. Rencanakan investasi dari sekarang

Waktu awal merencakana investasi yang saya lakukan adalah me-richeck keuangan pribadi. Jadi, biar investasi berjalan dengan baik, saya memperbaiki keuangan saya terlebih dahulu. Hal yang saya lakukan adalah menghemat pengerluaran bulanan, memisahkan budget belanja bulanan, selalu memilih membeli yang dibutuhkan terlebih dahulu dibandingkan  dengan yang diinginkan. Cara-cara simple kaya gitu berguna banget loh!

2. Tentukan tujuan dan jenis investasi yang sesuai 

Setelah merencanakan, hal kedua adalah menentukan tujuan dan jenis investasi yang akan dipilih. Karena tujuan saya sudah jelas untuk dana pensiun, siapa tahu dengan investasi bisa pensiun dini #ngarep. Jadi, saya tinggal cari jenis investasi yang sesuai dengan beragam pilihan, seperti saham, obligasi, emas dan property sampai saya memutuskan memilih Reksa Dana. 

Dengan Reksa Dana saya tidak perlu repot-repot untuk mengurus dana investasi saya, karena sudah ada manajer investasi yang akan membatu mengolah dana yang saya investasikan. Selain itu, berinvestasi dengan Reksa Dana tidak perlu dana besar, minimum 250ribu rupiah. Bahkan di Panin Asset Management, tempat saya berinvestasi Reksa Dana sekarang, bisa dimulai dari 100ribu rupiah setiap bulan. Jadi, investasinya nggak berasa. Tinggal nyisihin biaya hang out tiap bulan aja buat investasi. Hehehe..  

3. Paksa diri untuk berinvestasi (NOW)

Hal yang paling sulit adalah memaksa diri sendiri untuk memulai. Jadi, paksa diri Anda kalau nggak sekarang Anda akan selalu bilang nanti-nanti sehingga tidak jadi memulai. Padahal, jika kamu memulainya dari sekarang hasilnya akan semakin besar nanti. Yuks, mulai dari sekarang! 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)