Perlunya Mengerti Jenis-Jenis Sertifikat Tanah

Sertifikat Tanah Rumah Minimalis

Dalam kegiatan jual beli rumah minimalis diperlukan adanya pengertian antara si penjual dan pembeli. Kita harus memikirkan tentang bagaimana caranya agar untung (bagi si penjual) dan tidak sia-sia dalam berinvestasi (bagi si pembeli). Nah agar tidak sia-sia dalam berinvestasi disini ada beberapa pengalaman menarik dan tips dalam memilih rumah dijual di sekitaran kota Jakarta misalnya, yang memiliki harga rumah begitu tinggi.

Jika kita melihat harga rumah yang dipasang di iklan baik itu dari surat kabar atau media elektronik, rumah-rumah yang dijual di daerah kota seperti Jakarta tentu saja memiliki harga yang sangat tinggi. Nah, lalu bagaimana agar uang yang kita keluarkan untuk membeli rumah tersebut tidak sia-sia ? maka kita perlu belajar beberapa hal yang wajib diketahui ketika akan membeli rumah.

Rumah adalah sebuah bangunan yang didirikan diatas tanah. Tanah disini bisa dikondisikan dalam artian jika seseorang memiliki surat-surat tanah lengkap, maka tanah itu memang sudah dimiliki oleh nya. Sementara itu tanah fasilitas umum tentu saja adalah milik pemerintah dan masuk menjadi asset Negara. Jadi perlunya kita mengetahui kepemilikan tanah secara resmi sangat diperlukan agar tidak terjadi masalah ketika sudah membeli rumah tersebut.

Ada beberapa orang yang tertipu dengan penjual yang mengaku memiliki rumah dan surat-suratnya lengkap. Padahal surat-surat tersebut adalah palsu, kejadian seperti ini disebabkan karena seorang pembeli belum mengerti benar apa yang sedang Ia lakukan dan harusnya seperti apa dia melakukannya. Beberapa jenis surat atau dokumen tanah menjadi penentu dari status bangunan dan tanah tersebut.

Ada beberapa diantaranya yang mungkin anda pernah dengar apa itu HGB ( Hak Guna Bangun ) dan SHM ( Surat Hak Milik ). Itu merupakan sedikit contoh dari jenis sertifikat tanah. Jika kita sudah cukup mengerti tentang hal ini, maka selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah survey harga NJOP rumah tersebut, agar anda tidak terjerumus kepada harga yang tidak sesuai, terlalu mahal, dan menyebabkan anda mengalami kerugian disitu.

1 komentar:


  1. wah berita yang sangat menarik sekali, saya sangat suka

    tentang properti, kira kira email saya balik yah,terima kasih.

    Rumah minimalis nya keren banget, saya juga cari disini loh :

    Parkville Serpong

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)