Fungsi dan Manfaat Barcode



Barcode Scanner Miftahfarid



Pada kemasan sebuah produk, seringkali kita melihat sebuah gambar berbentuk kotak dengan  garis-garis di dalamnya. Gambar yang sering kita lihat tersebut adalah barcode.

Barcode merupakan kumpulan baris-baris vertikal yang memiliki ketebalan yang berbeda, yang satu sama lain dipisahkan oleh jarak atau spasi yang terdapat pada sebuah produk, id card, buku, dan surat pos untuk mengidentifikasi harga suatu produk, nomor produk tertentu, hingga lokasi. 

Fungsi barcode sendiri yaitu untuk menyimpan data yang bisa berupa data barang, harga barang, maupun lokasi. Untuk menerjemahkan data yang ada di dalamnya, diperlukan sebuah pemindai atau yang dinamakan barcode scanner yang terhubung dengan sebuah komputer. Setelah barcode tersebut dipindai menggunakan scanner, data yang ada di dalam barcode tersebut kemudian diterjemahkan dan ditampilkan di layar komputer.
Teknologi barcode ini memiliki manfaat yang sangat banyak apalagi untuk dunia retail. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan teknologi barcode.

Meningkatkan Efisiensi Operasional
Setelah adanya teknologi barcode, Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk mengecek lokasi atau status proyek, folder, instrumen, produk, dll. Barcode dapat membantu Anda melacak atau mengidentifikasi dengan lebih cepat, sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi operasional.

Meningkatkan Akurasi
Kesalahan administrasi dan data entri merupakan hal yang sangat fatal. Banyangkan jika Anda bekerja di sebuah supermarket, dan Anda melakukan kesalahan menginput data sebuah produk dengan harga yang murah, menjadi produk dengan harga yang 5 kali lipat lebih mahal dari harga barang yang sebenarnya. Apa yang terjadi? Tentu akan terjadi selisih pada uang kas, dan akhirnya Anda yang harus menerima resikonya. Dengan menggunakan teknologi barcode, data yang diinput akan lebih akurat karena setiap barcode menyimpan data dari barang yang ditempeli oleh barcode tersebut, jadi tidak akan terjadi kesalahan penginputan.

Sekian fungsi dan manfaat dari barcode yang miftahfarid.com blogger banjarmasin hadirkan. Penggunaan barcode tentunya telah memudahkan berbagai pihak. Selain itu, dengan adanya teknologi barcode, tentunya telah membawa perubahan dan manfaat yang baik bagi dunia bisnis terutama dunia retail.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)