Beberapa Ciri-ciri Diabetes yang Perlu Kita Waspadai


Ciri Diabetes Tropicanaslim

Penyakit gula atau diabetes merupakan salah satu penyakit berat yang bisa meyerang siapa saja, tidak hanya pada orang yang sudah berumur, penyakit ini juga bisa diturunkan sehingga perlu diwaspasdai karena dapat berakibat kematian. Banyak orang tidak menyadari telah mengidap penyakit ini, karena biasanya tidak menunjukan gejala berarti hingga penyakit  sudah dinyatakan pada stadium yang cukup berat. Namun penyakit gula bukan berarti tidak bisa disembuhkan, dengan diagnosa yang tepat dan pengobatan yang berkelanjutan bukan tidak mungkin bisa sembuh seperti sedia kala.

Diabetes merupakan suatu kondisi berupa malfungsi atau ganguan metabolisme tubuh dimana  terdapat kandungan gula atau glukosa berlebih dalam darah. Pankreas tidak menghasilkan hormon insulin yang cukup untuk menyalurkan kelebihan glukosa ke seluruh tubuh. Glukosa yang berlebih dalam darah berbahaya bagi kesehatan. Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat kita harus mengetahui ciri-ciri diabetes, karena semakin cepat penanganan akan semakin besar kemungkinan untuk sembuh.

Adapun ciri-ciri diabetes yaitu kesemutan, gejala ini muncul akibat rusaknya sistem saraf karena kandungan glukosa yang berlebih dalam darah. Gejala kesemutan atau mati rasa biasanya menyerang kaki dan tangan bahkan kepala dan wajah. Jangan anggap remeh gejala kesemutan karena dapat menimbulkan masalah yang lebih kompleks seperti rasa lemas dan kesulitan meenggerakkan anggota tubuh. ciri diabetes lainnya yaitu sering buang air kecil,  kadar insulin yang sedikit mengakibatkan fungsi ginjal terganggu. Ginjal tdak bisa menyaring glukosa dengan baik mengakibatkan kandung kemih akan cepat penuh karena produksi air yang berlebih untuk mengahancurkan glukosa tersebut. Itu kenapa penderita diabetes akan  sering buang air kecil, dan akan cepat merasa haus. Hal tersebut terjadi karena kandungan air dalam darah digunakan untuk proses penyaringan glukosa di ginjal. Selain itu, ciri diabetes yang perlu diwaspasdai yaitu kaburya penglihatan, meningkatnya nafsu makan, berat badan menurun drastis, kelelahan berlebih sering mengantuk, dan turun nya sistem imunitas.

Diabetes dapat diobati dengan mengatur pola makan serta menjaga asupan. Jika sudah didapati ciri-ciri diabetes sebaiknya anda memeriksakan diri untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Menjaga pola makan, mengurangi karbohidrat. menghindari makanan manis, dan berlemak juga rajin berolahraga merupakan pencegaha yang tepat jika anda ingin terhindar dari penyakit diabetes.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)