Tips Yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Beli Mobil Bekas

Mungkin saat ini anda punya rencana untuk membeli mobil bekas yang harga-nya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga mobil baru. Banyak juga mobil bekas yang ditawarkan dengan harga murah, padahal tahun pembuatan belum terlalu lama. Bagi sebagian orang yang punya banyak dana pastinya akan memilih membeli mobil baru, tidak demikian bagi mereka yang hanya punya dana pas-pasan.

Membeli sebuah mobil bekas sebenarnya salah satu alternatif yang sangat diminati namun sebelum melakukan “deal” terhadap mobil seken, anda harus memperhatikan beberapa hal penting yang tidak boleh anda lewatkan sebelum melakukan transaksi jual beli mobil second. Apa saja tips-nya? Berikut tips dan penjelasannya.

Perhatikan Bagian Mesin
Saat melakukan pengecekan mesin mobil harus dilakukan secara seksama dan anda jangan sampai tertipu melihat bodi mesin mobil yang mengkilap. Anda bisa mengecek apakah mesin mobil berkerja secara baik hanya dengan melihat permukaan mesin tempat oli dan perlu lihat juga bagian kaburator-nya apakah berkerja dengan sempurna dan tidak ada gangguan.

Perhatikan Interior Mobil
Anda juga harus melihat interior mobil terutama pada bagian kemudi, apakah ada kerusakan atau gangguan seperti pada bagian pedal, anda harus melakukan test drive untuk mengecek performa pedal. Selain itu pada bagian setir kemudi juga perlu diperhatikan, apakah sudah kendur dan tidak terlalu respon lagi. Jadi intinya anda harus melakukan test drive untuk mengukur performa interior pada bagian kemudi mobil.

Lihat Bagian Eksterior Mobil
Lihat apakah bodi mobil masih benar benar mulus dan tidak ada goresan. Jika bagian bodi sudah sempurna maka anda juga harus melihat bagian bawah mobil. Mobil bekas yang berkualitas baik maka bagian bawah belum berkarat dan tidak ada bekas tambalan. Jika ditemukan bekas tambalan maka besar kemungkinan mobil tersebut sudah pernah rusak dan masuk bengkel.

Kelengkapan Surat Mobil
Setelah semua aspek diatas sudah memenuhi syarat, maka anda tinggal memeriksa kelengkapan surat mobil seperti BPKB, STNK dan surat lainnya. Anda juga dapat melihat catatan servis dan pergantian oli, dengan demikian anda akan mengetahui seberapa terawat mobil tersebut. Sebelum memutuskan membeli mobil bekas pastikan semua dokumen dan surat lengkap dan telah diperiksa secara menyeluruh.

2 komentar:

Silahkan Berkomentar :)