Cara Terbaik Pencegahan Alergi Susu Pada Anak

Susu
 
Beberapa anak mengalami alergi susu pada anak dari konsumsi susu formula yang mengandung protein hewani tertentu. Munculnya alergi ini tidak hanya terbatas pada bayi usia 0 hingga 12 bulan saja namun hingga balita dan anak-anak usia tujuh tahunan. Sebagai orangtua wajib memantau apakah makanan dan minuman yang dikonsumsi menimbulkan alergi. Sebab alergi yang muncul akibat konsumsi susu bisa jadi diakibatkan oleh alergi lain tidak hanya dari alergi susu sapi semata.

Cara Terbaik Mencegah Alergi Susu

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya alergi pada anak akibat susu formula yang dikonsumsi. Pencegahan yang dapat dilakukan bisa dalam bentuk:

1.    Menghindari susu yang menyebabkan alergi,
Alergi pada anak-anak memang tidak bisa dideteksi secara dini dan disadari ketika alergi tersebut muncul. Maka ketahui dengan baik makanan dan susu formula jenis apa yang menimbulkan alergi agar bisa dihindari. Jika sudah diketahui apa penyebabnya maka bisa memilih susu jenis lain untuk menghindari terjadinya alergi terulang.

2.    Mengecek semua komposisi makanan yang dikonsumsi,
Alergi yang terjadi pada anak bisa juga disebabkan oleh faktor lain selain alergi pada susu itu sendiri sehingga perlu diteliti. Penyebab lainnya adalah adanya sifat alergi pada makanan yang dikonsumsi bersamaan dengan pemberian susu formula tersebut. Maka hendaknya sebelum memberikan makanan Kita cek dahulu komposisi bahannya. Jika tidak ada reaksi alergi maka bisa diberikan kapan saja dan jika sebaliknya pun selalu dihindari. Sekaligus jenis makanan lain yang memiliki kandungan bahan tersebut untuk pencegahan.

3.    Memberikan ASI minimal 4 bulan pertama,
ASI menjadi makanan terbaik bagi bayi dengan beragam kandungan zat kompleks di dalamnya, selain itu juga lebih murah dan mudah. Biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan susu formula jauh lebih besar dibandingkan pemberian ASI. Pemberian ASI ternyata juga efektif mencegah sifat alergi pada anak baik pada susu maupun bahan makanan tertentu. Berikan ASI minimal empat bulan pertamanya atau temukan pengganti susu sapi agar alergi susu pada anak bisa dihindari sedini dan sebaik mungkin.

2 komentar:

Silahkan Berkomentar :)