Fungsi dan Manfaat Dana Pensiun

Pensiun

    Semua orang tentu ingin merasakan masa tua yang sejahtera sekaligus menyenangkan. Pola pikir yang demikian hampir terukir disetiap benak individu, oleh sebab itu hampir semua orang berusaha keras untuk meningkatkan penghasilannya agar bisa menyisihkan atau menginvestasikan sebagian uang untuk kesejahteraan dimasa tua mendatang. Berbagai cara serta metode dilakuan setiap orang untuk menghadapi masa tuanya, salah satunya melalui dana pensiun. Dana pensiun  banyak dipilih karena memiliki 3 fungsi utama yang diantaranya adalah fungsi tabungan, fungsi pensiun, dan fungsi asuransi pensiun.
    Program pensiun memiliki fungsi tabungan karena setiap bulannya para peserta diwajibkan untuk membayar iuran secara periodik. Iuran itu sendiri nantinya akan dikelola dan juga dikembangkan, sehingga ketika pensiun atau masa akhir program dana tersebut bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan pensiun anda. Jumlah dana yang diterima oleh setiap peserta nantinya akan berbeda-beda, tergantung dari besar iuran yang dibayarkan dan hasil dari pengembangan iuran itu sendiri.
    Untuk fungsi pensiun sendiri adalah jaminan atas kelangsungan penghasilan peserta setelah memasuki usia pensiun. Untuk pembayaran manfaat pensiun tersebut dilakukan dalam empat metode, yakni pensiun normal, pensiun ditunda, pensiun dipercepat, dan juga pensiun cacat. Setiap metode pembayaran tersebut mempunyai aturan yang berbeda-beda untuk pembayarannya.
    Selain fungsi tabungan dan fungsi pensiun, program ini juga memiliki fungsi menghadapi asuransi pensiun. Hal ini dikarenakan program tersebut juga memberikan jaminan kepada para peserta untuk mengatasi berbagai resiko kehilangan pendapatan yang disebabkan oleh usia pensiun ataupun kematian. Pada umumnya pihak penyelanggara program pensiun selalu menerapkan prinsip kebersamaan seperti halnya asuransi. Oleh sebab itu jika pada perjalanan peserta mengalami musibah yang tak terduga sehingga mengakibatkan terputusnya pendapatan, maka para peserta tersebut akan mendapatkan dana sebesar yang dijanjikan.
    Nah itulah beberapa fungsi dan manfaat dari dana pensiun. Mengingat pensiun adalah suatu hal yang pasti, maka ada baiknya anda menyiapkan asuransi hari tua sejak dini. Untuk masalah asuransi anda bisa mempercayakannya kepada Futuready, program persiapan masa depan terbaik di Indonesia. Bersama Futuready anda akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya adalah yaitu anda bisa berkonsultasi langsung dengan para ahli Futuready.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)