Gejala Tipes dan Penularannya

gejala tipes
Tifus

Sering kali saat kita mengonsumsi makanan yang kurang bersih menyebabkan beberapa masalah pencernaan, seperti misalnya diare. Tak jauh berbeda dengan penyakit tipes, jenis penyakit yang satu ini umumnya juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang tepat, makanan yang tak bersih atau mungkin kontaminasi dari tangan Anda sendiri. Penyakit yang menyerang pencernaan ini tak kalah berbahaya dengan demam berdarah, bahkan beberapa orang mengidentikkan tipes sebagai DBD kedua, gejala tipes memang hampir sama dengan DB mulai dari peningkatan suhu tubuh, sakit kepala dan tubuh yang menjadi lemas.

Namun ternyata gejala penyakit tipes lainnya jauh berbeda, penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini disebabkan oleh bakteri yang dibawa oleh beberapa hewan seperti tikus. Penyakit ini tak hanya dapat menyerang anak-anak saja, melainkan juga rang dewasa, apalagi mereka dengan daya tahan tubuh yang rendah, selain berbahaya ternyata tipes juga dapat menular kepada orang lain dengan beberapa cara, yaitu:

•    Makanan dan minuman dan terjangkit bakteri Salmonella, bakteri ini bisa ada di lingkungan bebas, khususnya adalah daerah yang berair yang kotor, mudah sekali menjangkiti manusia melalui makanan, jadi perhatikan kebersihan semua makanan yang Anda konsumsi.
•    Dari penderita sendiri, seseorang yang tengah menderita tipes bisa dengan mudah menularkannya kepada orang lain. Untuk itu mereka yang menjenguk atau melakukan kontak sebaiknya segera konsumsi antibiotik setelahnya agar tidak tertular.
•    Dari air baik itu air minum maupun air yang digunakan untuk membersihkan peralatan penderita tipes. Sebaiknya bagi Anda yang sedang merawat penderita tipes memisahkan barang-barang yang sudah digunakan pada saat mencuci agar bakteri Salmonella tak menyebar ke peralatan lainnya.

Penularan penyakit ini tergolong sangat cepat, sehingga bagi mereka yang berada di lingkungan penderita harus waspada. Gejala tipes mencangkup pada beberapa hal, yaitu demam, masalah pencernaan hingga rasa sakit pada seluruh tubuh. jika Anda sudah mulai merasakannya maka berobatlah ke dokter, jangan menyepelekan penyakit ini karena bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.

1 komentar:

Silahkan Berkomentar :)