Cara Mengelola Gaji dengan Sederhana dan Mudah

gaji
 
Tidak jarang banyak orang berkunjung kepada konsultan keuangan hanya untuk mendapatkan saran tentang cara mengelola gaji dengan baik dan benar sehingga bisa benar-benar bermanfaat. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya melakukan manajemen terhadap upah bulanan itu tidaklah terlalu sulit, asalkan anda memang punya niat dan keyakinan untuk bisa berlaku hemat. Artian hemat disini, bukan berarti anda harus menahan semua keinginan, namun berperilakulah dengan bijak sehingga tahu kapan harus menahan diri dan kapan waktunya mulai berbelanja.
 
Memang perlu diakui bahwa kebiasaan menahan diri itu cukup sulit untuk dilakukan, apalagi bila kita lihat saat ini, banyak sekali berbagai produsen berlomba-lomba untuk memasarkan barang kebutuhan konsumtif. Berikut beberapa tips mengelola gaji dengan mudah sehingga nantinya bisa bermanfaat untuk anda:

•    Membuat daftar prioritas atas kebutuhan barang rutin yang diperlukan setiap bulan sebagai pegangan belanja,
•    Bila tertarik terhadap suatu barang, hindari untuk membelinya secara kredit. Akan lebih baik bila anda mulai menabung sedikit demi sedikit untuk mendapatkan barang tersebut,
•    Buat catatan transaksi pengeluaran yang telah dilakukan sebagai bahan evaluasi ke depan.
 
Pada awal bulan, mungkin seolah-olah anda akan bisa membeli apa saja dengan upah yang telah diterima. Namun seiring berjalannya waktu, uang bulanan tersebut tentu akan terus berkurang dan bisa jadi habis sebelum upah berikutnya anda terima bila tidak di manajemen dengan baik. Memperbaiki pola hidup menjadi lebih hemat, merupakan hal paling efektif dalam cara mengelola gaji bulanan anda.

Cara Mengelola dan Mengatur Gaji yang Baik Pada Rekening Supaya Awet

Seringkali memasukkan uang gaji pada rekening tabungan dilakukan banyak orang sebagai upaya cara mengelola gaji agar bisa bertahan hingga upah atau gaji selanjutnya anda terima. Namun ternyata ada saja orang yang mengeluh bahwa usaha tersebut tidak bisa membawa hasil yang positif, karena tetap saja uang gaji mereka tidak cukup untuk membiayai kebutuhan bulanan, sehingga mengharuskan mereka untuk mencari kerja sampingan lain yang memberatkan.
 
Sebenarnya memasukkan uang gaji dalam rekening, merupakan sebuah langkah yang tepat dalam tips mengelola gaji bulanan. Namun kadang orang lupa, bahwa kemudahan yang diberikan oleh pihak bank dalam mengambil uang bisa menjadi bumerang buat anda. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah berikut:

•    Pilihlah rekening dengan biaya administrasi paling kecil atau tidak ada sama sekali agar tidak ada potongan terhadap gaji anda,
•    Gunakan dua rekening, satu untuk kebutuhan bulanan dengan fasilitas ATM serta satu lagi murni untuk menabung dan usahakan tanpa fasilitas atm.
 
Meskipun telah meletakkan uang gaji tersebut dalam rekening, anda juga harus tetap mempertimbangkan prioritas kebutuhan yang harus anda penuhi tiap bulannya. Membuat daftar tentang prioritas kebutuhan tersebut, akan mempermudah pekerjaan anda itu. Perlu diingat bahwa meskipun anda telah menggunakan atm, tetaplah untuk berlaku hidup hemat dengan hanya berbelanja dari daftar yang telah dibuat. Ini dimaksudkan agar cara mengelola gaji yang telah anda lakukan bisa sukses sampai akhir bulan.

2 komentar:

  1. Bank mana yang kdd fasilitas umum yed? rekomendasi pang, auk perlu yang itu :v

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)