Mengajukan Kredit Rumah? Lihat Dulu Suku Bunga KPR yang Anda Ajukan!

Bila di masa lalu Anda masih bisa menabung untuk kemudian membeli rumah, sekarang hal tersebut nyaris tidak mungkin lagi. Jalan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari kredit dari bank. Bila Anda memilih bank dengan bunga KPR yang sesuai, maka Anda sebenarnya tidak akan terlalu kesulitan dalam membayar angsuran per bulannya.

KPR BTN
KPR BTN
Selain melihat besar bunga pinjaman KPR, hal lain yang harus diperhatikan adalah:

1. Lihat suku bunganya
Mencari kredit dengan suku bunga yang rendah tidak selalu menjamin semua akan berjalan lancar. Anda sebaiknya memilih yang punya bunga fixed rate. Kenapa? Karena dengan ini bunga yang Anda dapatkan di tahun pertama tidak berubah, sehingga jika di tengah tahun suku bunga naik, Anda tidak terpengaruh.

2. Jenis bunga
Ada bunga flat yang mengharuskan Anda membayar dengan jumlah tetap, dan ada bunga anuitas, di mana Anda membayar bunga sesuai sisa pokok pinjaman.

3. Extra payment
Fitur ini sangatlah menguntungkan jika Anda kebetulan sedang punya rezeki yang lebih. Menggunakan fitur ini, Anda bisa membayar lebih yang kemudian membuat pinjaman pokok berkurang. Cicilan pun berkurang dan waktu pembayaran bisa diperpendek.

Bila Anda sudah memperhitungkan hal-hal di atas, dari bunga KPR hingga biaya untuk administrasi dll, maka Anda sudah cukup siap untuk mengambil keputusan. Tentu saja, pastikan bahwa Anda memilih bank yang mempunyai reputasi baik, seperti BTN contohnya, yang juga mendapatkan bantuan dari pemerintah sehingga Anda sebagai nasabah bisa lebih diuntungkan.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)