Kebersihan Lingkungan Rumah

Kebersihan pangkal keimanan adalah slogan islami dimana mengajak setiap manusia agar selalu menjaga kebersihan. Kebersihan lingkungan berperan penting dalam kehidupan setiap manusia agar tercipta suatu kehidupan yang terbebas dari berbagai macam penyakit. Ketika lingkungan tempat tinggal kita sudah bersih, insya alloh setiap orang yang tinggal disekitar daerah tersebut akan terbebas dari penyakit. Seperti telah anda ketahui, salah satu faktor penyebab penyakit adalah karena lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor akan menularkan berbagai macam penyakit sehingga warga akan mudah terjangkit bakteri yang berasal dari lingkungan kotor tersebut. Apalagi jika lingkungan tersebut merupakan lingkungan rumah tangga yang dihuni oleh beberapa anggota keluaraga. Kebersihan ini merupakan faktor yang sangat penting bagi kelangsungan hidup.

Kebersihan rumah


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan yang berada di lingkungan keluarga ini. Yang pertama adalah dengan menggunakan jasa assisten rumah tangga. Tentunya hampir setiap keluarga yang memiliki uang lebih menggunakan jasa asisten rumah tangga, namun bagi sebagian orang, mereka lebih memilih untuk membersihkan tempat tinggal dengan cara gotong royong bersama anggota keluarga lain. Setiap anggota keluarga diwajibkan untuk diberi jadwal bersih-bersih sehingga seluruh anggota keluarga dapat saling bantu dalam membersihkan isi rumah dan lingkungan sekitar rumah. Kalaupun ada anggota keluarga yang malas, lebih baik ada semacam punishment agar mereka yang males dapat terlibat dalam membersihkan lingkungan keluarga ini. 

Ayah, ibu dan anak harus bahu membahu dalam menciptakan lingkungan hunian (lingkungan rumah) agar mereka selalu hidup terbebas dari segala bentuk penyakit. Meskipun si anak masih kecil,orang tua wajib memiliki peran agar mereka ditanamkan untuk hidup bersih sejak dini, diberi tanggung jawab minimal untuk membereskan mainanya sendiri. Setelah itu, ajarkan anak-anak sejak dini untuk membuang sampah pada tempatnya agar ketika ia menginjak dewasa si anak akan selalu melakukan kebiasaan yang telah diajarkan orang tua dari kecil. Hal yang paling utama untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah tangga itu sendiri adalah ajaran orang tua untuk selalu menanamkan hidup bersih dan tertib. Ketika ajaran ini sudah dikenalkan sejak dini, maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang positif bagi si anak atau anggota keluarga dimanapun mereka berada. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)